aplikasi paling boros kuota

7 Aplikasi Paling Boros Kuota Internet yang Perlu Diketahui!

Baru saja kuota internet diisi beberapa hari yang lalu, tiba-tiba hari ini sudah tinggal setengah. Mengapa kuota internet rasanya habis begitu cepat? Hal ini karena adanya aplikasi-aplikasi yang cukup menguras kuota. Lalu, apa-apa saja aplikasi paling boros kuota internet?

Sebenarnya, boros atau tidaknya sebuah aplikasi tergantung dari orang yang menggunakannya. Tetapi, ada baiknya untuk mengetahui macam-macam aplikasi yang boros kuota sehingga penggunaannya dapat diminimalisir. Berikut aplikasi yang perlu dihemat penggunaannya:

1. Aplikasi Sosial Media

Dengan hadirnya aplikasi sosial media di smartphone, menikmati sosial media dapat dilakukan di mana saja dengan santai. Tanpa disadari, sosial media telah digunakan hingga berjam-jam, sehingga secara tidak langsung cukup memakan kuota internet.

Mulai dari Facebook, Twitter, dan Instagram, aplikasi-aplikasi tersebut akan terus memuat foto dan video selama digunakan. Karena itu, sebaiknya gunakan sosial media  dengan hemat. Aplikasi-aplikasi tersebut juga memiliki versi Lite yang lebih hemat kuota.

2. Aplikasi Platform Video

Aplikasi paling boros kuota internet selanjutnya yaitu aplikasi-aplikasi yang memutar video seperti YouTube, TikTok, dan Snapchat. Meski satu video pendek tidak terlalu memakan kuota, namun orang biasanya menonton ratusan video hingga berjam-jam.

Untungnya, saat ini TikTok dan Snapchat memiliki pengaturan yang dapat menghemat data internet. Untuk YouTube, ada berbagai layanan paket yang memiliki kuota khusus YouTube. Jadi, kuota utama masih bisa digunakan untuk hal yang lain.

3. Aplikasi Streaming Film dan Series

Saat perkembangan teknologi semakin maju, film dan serial televisi sudah dapat ditonton secara digital dengan aplikasi. Banyak aplikasi streaming seperti Netflix, Disney+, dan Vidio, yang menyediakan ratusan tontonan yang menarik.

Namun, biasanya film dan serial yang ditayangkan pada aplikasi-aplikasi tersebut menggunakan resolusi yang cukup besar. Hal ini tentunya dapat menguras kuota apabila ditonton terus menerus.

Karena itu, pastikan untuk mengatur pengaturan pada aplikasi-aplikasi streaming agar kualitas video lebih rendah, sehingga kuota dapat lebih hemat. Untuk Disney+, dapat menghemat dengan membeli paket hemat Disney Hotstar khusus provider Telkomsel.

4. Spotify

Saat ini, Spotify unggul sebagai penyedia layanan streaming musik dari berbagai dunia. Bagi yang tidak berlangganan masih dapat menggunakan layanan tersebut secara gratis. Hanya saja, Spotify versi gratis akan memunculkan iklan setiap lagunya.

Pada dasarnya, iklan video cukup memakan kuota, apalagi jika diputar terus menerus. Karena itu, ada baiknya untuk tidak menggunakan versi gratis Spotify untuk menghemat. Untuk lebih hematnya lagi, kunjungi pengaturan Data Saver pada aplikasi Spotify.

5. Aplikasi Video Conference

Sudah tidak dipungkiri jika video conference seperti Skype, Zoom, atau Google Meet, akan memakan kuota banyak. Apalagi untuk keperluan pekerjaan dan pendidikan, durasi meeting tentunya akan lama. Bila tidak dapat dihindari, aplikasi-aplikasi ini setidaknya dapat dihemat dengan menurunkan kualitas videonya melalui pengaturan.

6. Game Mobile Yang Disisipi Iklan

Aplikasi paling boros kuota selanjutnya adalah game-game mobile yang beriklan. Biasanya, iklan yang disisipi pada game-game ini berdurasi sekitar setengah menit. Meski terdengar pendek, namun iklan pada game bisa muncul hingga berkali-kali.

Hal yang dapat dilakukan untuk menghemat kuota saat bermain game mobile, biasanya adalah bermain secara offline. Apabila game memang membutuhkan internet, pastikan game online tersebut bebas iklan.

7. Aplikasi Browser Dengan Auto Update

Terakhir, aplikasi yang cukup memakan kuota adalah aplikasi browser seperti Google Chrome dan Opera. Hal ini karena aplikasi browser tersebut melakukan auto-update dengan kuota yang cukup besar.

Masalah ini cukup sulit ditangani apabila browser terletak pada smartphone. Untuk mengakalinya, sebaiknya browser tersebut diganti dengan aplikasi browser seperti Mozilla Firefox yang lebih hemat data.

Begitulah macam-macam aplikasi paling boros kuota yang perlu diketahui jika ingin menghemat kuota. Meskipun memakan kuota, ini bukan berarti aplikasi-aplikasi di atas harus dihindari. Hanya saja, gunakan aplikasi dengan bijak dan sesuai dengan kuota yang saat ini tersedia.